Rabu, 12 Juni 2013

Pengertian Quality Assurance

Beda QA dengan QC



Banyak perusahaan yang memakai Quality Assurance (QA) dan Quality Control ( QC) dalam satu Divisi, jadi QA itu ya QC. Quality Assurancedianggap Quality Control, walaupun mungkin kalau dari pengertian mungkin berbeda,tapi dalam faktanya QA adalah QC, jadi jarang ada DivisiQuality Assurance dipisah dengan Divisi Quality Control, karena sebenarnya acuan keduanya pada kualitas mutu, termasuk reliabilitinya.



Meskipun sasaran sama tentang kualitas tetapi QA dan QC adalah dua pekerjaan bidang yang berbeda, dimana QA itu adalah prosedur untuk pencapaian mutu. Misalnya Quality plan beserta dokumen pendukungnya. Dan QC adalah aktifitasnya (pelaksanaa dari prosedur tsb) yang dibuktikan dengan record-record.
QA secara harfiah bahasa indonesia penjaminan mutu, adalah sebuah lingkup pekerjaan seputar hal2 yg berhubungan dengan bagaimana sebuah produk memiliki kepastian mutu sesuai yg dijanjikan. Hal ini terkait erat dengan QC (Quality Control) dimana QC merupakan salah satu implementasi teknis pelaksanaan bagaimana QA bisa terpenuhi, dengan melakukan berbagai penilaian, inspeksi, pengamatan, dll sesuai dengan standar mutu.

Jika dikaitkan dengan penjaminan mutu itu adalah hal yg sangat luas.Bisa jadi mutu yg dimaksud adalah mutu produk, atau juga sistem manajemen.Jika berkaitan dengan mutu sistem manajemen QA adalah tentang bagaimana sistem dipelihara, dikembangkan, sesuai dengan standar misalnya ISO 9001:2000 (E) International Standard: Quality Management System -Requirements. Untuk seri Indonesia, diadopt dan diterbitkan oleh BSN dgn nomor SNI 19-19000-2001 Tentang Sistem Manajemen Mutu : Persyaratan.

Pada dasarnya, semua standard & applicable engineering codes berhubungan dengan kegiatan QA. Dalam sebuah kegiatan engineering, manufacture, dan sebagai nya yg mempersyaratkan standard tertentu, QA bertugas bagaimana standard yg digunakan dapat diaplikasikan dalam pekerjaan menghasilkan
sebuah produk (entah barang atau jasa) yg memiliki mutu sesuai standard tsb.QA memastikan bahwa mutunya SAMA. nah, di sinilah lingkup QA. Luas, general,dan berat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes